Wednesday, 14 December 2016

Rumus Kecepatan Debit Air

Rumus Kecepatan Debit Air - Fluida dinamis adalah fluida yang bergerak. Besaran-besaran apa yang perlu dipelajari pada fluida dinamis itu? Jawabannya dapat kalian pelajari pada penjelasan berikut:

Pada fluida yang bergerak memiliki besaran yang dinamakan debit.Apakah kalian pernah mendengar besaran ini? Debit adalah laju aliran air. Besarnya debit menyatakan banyaknya volume air yang mengalir tiap detik.

Rumus Kecepatan Debit Air

Rumus Kecepatan Debit Air
Rumus Kecepatan Debit Air
Keterangan Rumus Debit Air:
dengan :  
Q =  debit (m3/s)
V  = volume air yang mengalir (m3)
t  = waktu aliran (s)

Apabila melalui sebuah pipa maka volume air yang mengalir memenuhi V = A . S. Jika nilai ini disubstitusikan ke persamaan diatas dapat diperoleh definisi baru sebagai berikut.

Rumus Debit Air
Rumus Debit Air
Pipa aliran fluida atau air biasanya memiliki penampang yang tidak sama. Contohnya pipa PDAM. Pipa aliran yang ada di jalan-jalan besar diameternya bisa menjadi 30 cm tetapi saat masuk di perumahan bisa mengecil menjadi 10 cm dan mencapai kran di rumah tinggal 20 cm. Jika air mengalir tidak termanfaatkan maka akan berlaku kekekalan debit atau aliran fluida dan dinamakan kontinuitas. Kontinuitas atau kekekalan debit ini dapat dituliskan sebagai berikut. Cermati persamaan tersebut.


Semoga tulisan kami mengenai Rumus Kecepatan Debit Air ini bisa bermanfaat yah.

0 komentar

Post a Comment