Sunday, 13 November 2016

Relativitas Newton dan Relativitas Einstein

Relativitas Newton dan Relativitas Einstein - Relativitas sudah dikenal sejak jamannya Newton. Relativitas ini berasal dari kata relatif. Suatu gerak relatif berarti suatu gerak yang tergantung pada suatu acuan tertentu. Acuan itulah tempat suatu pengamat dan pengamat sendiri dapat memiliki dua kemungkinan yaitu pengamat diam dan pengamat bergerak. Dalam kaitannya dengan vektor relatif itu berarti selisih vektor. 

Relativitas Newton dan Relativitas Einstein

A. Relativitas Newton

Pada relativitas Newton, semua besaran akan sama saat diukur oleh pengamat yang diam maupun pengamat yang bergerak. Besaran yang berubah hanyalah kecepatan relatif dan berlaku persamaan berikut:
Relativitas Newton
Relativitas Newton

dengan:
Vx’  =  kecepatan relatif benda terhadap pengamat bergerak
Vx  =  kecepatan relatif benda terhadap pengamat diam
V =  kecepatan pengamat bergerak terhadap pengamat diam

B. Postulat Einstain

Masih ingat percobaan Michelson dan Morley ? Hasil percobaan Michelson dan Morley itulah yang telah meletakkan dasar dua postulat Einstein. Kedua postulat tersebut kemudian menjadi dasar teori relativitas khusus. 
Kedua postulat itu adalah :
Postulat pertama, hukum fisika dapat dinyatakan dalam persamaan yang berbentuk sama dalam semua kerangka acuan inersia. 
Postulat kedua, kecepatan cahaya dalam ruang hampa sama besar untuk semua pengamat, tidak tergantung dari keadaan gerak pengamat itu. Kecepatan cahaya di ruang hampa sebesar c = 3.10 (Pangkat 8) m/s. 

Dengan dasar dua postulat tersebut dan dibantu secara matematis dengan transformasi Lorentz, Einstain dapat menjelaskan relativitas khusus dengan baik. Hal terpenting yang perlu dijelaskan dalam transformasi Lorentz adalah semua besaran yang terukur oleh pengamat diam dan bergerak tidaklah sama kecuali kecepatan cahaya. Besaran -besaran yang berbeda itu dapat dijelaskan seperti dibawah.

Pada postulat Einstain telah dijalaskan bahwa besaran yang tetap dan sama untuk semua pengamat hanyalah kecepatan cahaya berarti besaran lain tidaklah sama. Besaran - besaran itu diantaranya adalah kecepatan relatih benda, panjang benda waktu, massa dan energi.

Kontransi panjang adalah penyusutan panjang suatu benda menurut pengamat yang bergerak.

Dilatasi waktu adalah peristiwa pengembungan waktu menurut pengamat yang bergerak.

Perubahan besaran oleh pengamat diam dan bergerak juga terjadi pada massa benda dan energinya.

0 komentar

Post a Comment