Sunday, 6 November 2016

Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta

Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta - Kelompok Insekta atau serangga mempunyai species sangat banyak, hidupnya di darat dan air. Ukuran tubuhnya relatif kecil. Insekta sering disebut juga sebagai heksapoda, yaitu mempunyai kaki enam (3 pasang). Tubuh dibedakan atas kepala, dada, dan perut. 

Pada kepala terdapat sepasang antena yang dapat digunakan untuk membau dan meraba. Terdapat juga mulut, mata majemuk (mata faset) ada yang bermata tunggal (oselus). Mulut insekta menurut fungsinya dibedakan menjadi empat tipe, yaitu tipe penjilat dan pengisap (lalat rumah), tipe pengisap (kupu-kupu), tipe penusuk dan pengisap (nyamuk), dan tipe penggigit (belalang).

Bagian dada terdiri atas 3 ruas dan terdapat 3 pasang kaki beruas-ruas, juga terdapat sayap. Adapun pada perut terdapat 6 sampai 11 ruas, pada ruas belakang posterior sebagai alat reproduksi. Pada Insekta betina terdapat alat peletak telur yang disebut ovipositorserta kantung untuk menyimpan sperma. 
Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta
Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta

Respirasinya menggunakan pembuluh trakea, yaitu udara dari luar masuk ke jaringan melalui pembuluh trakea. Jumlah jantungnya 5 buah dan sistem peredaran darahnya bersifat terbuka. Perlu Anda ingat, darah insekta hanya mengedarkan sari-sari makanan dan tidak berfungsi mengedarkan oksigen karena sudah dilakukan oleh pembuluh trakea. 

Sistem ekskresinya menggunakan pembuluh malphigi yang mengelilingi anus. Daur hidup serangga ini mengalami perubahan bentuk yang disebut metamorfosis. Coba ingat kembali ada berapa jenis metamorfosis! Akan tetapi ada jenis insekta tidak mengalami metamorfosis yang digolongkan sebagai serangga ametabola,misalnya kutu buku (Lepisma).

Tabel Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta

Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta
Ciri-ciri Insekta
Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta
Contoh Ordo Insekta
Semoga tulisan mengenai Ciri - Ciri dan Contoh Ordo Insekta ini bisa bermanfaat yah. Baca juga 

JENIS-JENIS HEWAN ECHINODERMATA


0 komentar

Post a Comment