Tuesday 25 October 2016

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis dengan Benar

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis dengan Benar - Agar bisa bermain bulu tangkis, seorang pemain harus menguasai teknik memukul kok, baik dari atas maupun dari bawah. Jenis-jenis pukulan yang harus dikuasai adalah servis, lob, dropshot, smes, netting, underhand, dan drive. Kesemua jenis pukulan tersebut harus dilakukan dengan menggunakan teknik memegang raket (grip) dan gerakan melangkahkan kaki atau footwork yang benar.

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

a. Teknik Memegang Raket (Grip)

Salah satu teknik dasar bulu tangkis yang sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap calon pebulu tangkis adalah pegangan raket. Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul, merupakan modal penting untuk dapat bermain bulu tangkis dengan baik pula. Teknik memegang raket (grip),antara lain

1) pegangan kampak atau pegangan Inggris (gambar a);
2) pegangan geblok kasur atau pegangan Amerika (gambar b);
3) pegangan gabungan atau pegangan jabat tangan (gambar c);
4) pegangan backhand (gambar d).
Cara Memegang Raket Bulu Tangkis
Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

b. Gerakan Pegangan tangan

Pada dasarnya, dikenal beberapa cara pegangan raket. Namun, hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek, yaitu cara memegang raket forehanddan backhand. Semua jenis pukulan dalam bulu tangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Pegangan raket yang benar, dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok, dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok.

1) Forehand
Adapun gerakannya adalah sebagai berikut.
a) Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Pegang raket dengan cara seperti
berjabat tangan. Tangan diletakkan pada bagian gagang raket.

b) Jari tengah, manis dan kelingking menggenggam
raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.

c) Letakkan ibu jari di antara tiga jari dan telunjuk.

2) Backhand
Adapun gerakannya adalah untuk backhand grip, geser tangan ke arah dalam. Letaknya di samping
dalam. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

c. Gerakan Melangkahkan Kaki (Footwork)


Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulu tangkis, sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas keterampilan memukul kok.
Sikap dan posisi berdiri di lapangan harus sedemikian rupa, sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu, dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan.

d. Teknik Pukulan

Pukulan pada permainan bulu tangkis dilakukan dengan pukulan servis. Servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. Namun, biasanya servis digabungkan ke dalam jenis yaitu servis forehand dan backhand.

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis dengan Benar

Comments