Thursday 8 September 2016

Sistem Peredaran Darah pada Avertebrata

Sistem Peredaran Darah pada Avertebrata - Apakah yang dimaksud dengan AVERTEBRATA? dan bagaimana mekanisme atau sistem peredaran darah yang terjadi pada makhluk hidup yang termasuk ke dalam kelompok AVERTEBRATA ini? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut yuk simak artikelnya di bwah ini:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

A. Pengertian Avertebrata

Sistem Peredaran Darah pada Avertebrata
Info tentang AVERTEBRATA

Avertebrata merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Ada hewan yang belum memiliki peredaran darah, ada yang berupa peredaran darah terbuka, dan ada yang berupa peredaran darah tertutup.

B. Sistem Peredaran Darah pada Avertebrata

1. Sistem peredaran darah tidak melalui peredaran darah

Hewan bersel satu (Protozoa) tidak memiliki sistem peredaran darah. Gas yang dibutuhkan dan zat makanan yang akan diserap dilakukan secara difusi, karena tubuh hanya terdiri atas satu sel sehingga seluruh aktivitas metabolismenya dilakukan oleh sel itu sendiri.

Banyak hewan jenis ini yang menggunakan organel selnya untuk metabolisme, seperti Paramaeciummenggunakan vakuola kontraktil untuk mengedarkan zat makanan cair, dan menggunakan vakuola makanan untuk mengedarkan zat makanan padat.

Ada hewan yang menggunakan rongga sebagai saluran pencernaan sekaligus saluran peredaran yang dinamakan rongga gastrovaskuler. Contoh Hydradan Planaria.

2. Sistem peredaran darah terbuka
Dinamakan sistem peredaran darah terbuka karena darah ataupun homolimfa dialirkan tidak melalui pembuluh, tetapi langsung dialirkan ke dalam rongga tubuh. Sistem ini dijumpai pada hampir semua jenis Mollusca dan Arthropoda.

3. Sistem peredaran darah tertutup
Dinamakan sistem peredaran darah tertutup karena darah beredar di dalam pembuluh-pembuluh yang saling berhubungan.

Semoga tulisan mengenai ilmu biologi yang berjudul Sistem Peredaran Darah pada Avertebrata ini bisa bermanfaat yah. Terima kasih telah berkunjung ke Garda Pengetahuan

Wabillahi taufiq Wal Hidayah … Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ila ha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika … Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Comments