Wednesday 13 November 2013

Rumus Keliling Lingkaran Menghitung Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran – Lingkaran, berbicara mengenai salah satu bangun datar yang satu ini, akan mendatangkan banyak manfaat bagi kita jika kita dapat memahami rumus-rumus dan persamaan yang dapat kita gunakan untuk menghitung lingkaran. Seperti menghitung rumus luas lingkaran dan menghitung keliling lingkaran. Nah, semua itu merupakan persamaan mendasar dalam matematika yang sebaiknya kita pahami untuk menuju ke jenjang materi lainnya yang berhubungan erat dengan lingkaran. Berikut rumus daripada lingkaran itu sendiri yang Garda Pengetahuan telah siapkan:

Rumus Keliling Lingkaran:

Rumus Keliling Lingkaran Itulah persamaan keliling lingkaran dimana:
K = Keliling lingkaran clip_image002 = Phi (22/7 atau 3,14)
R = Jari-jari lingkaran
d = diameter lingkaran
Karena nilai dari 2R sama dengan D(diameter lingkaran) maka persamaan diatas bisa kita tuliskan dengan:
Keliling lingkaran 
Nah, nilai dari phi sendiri itu (dari wikipedia) adalah suatu besaran yang merupakan sifat khusus dari lingkaran, yaitu perbandingan dari keliling K dengan diameternya D dimana:
Nilai phi dalam lingkaranUntuk lebih memahami rumus tersebit silahkan lihat ilustrasi lingkaran berikut ini: baca juga rumus luas lingkaran Gambar lingkaranBaca Juga:


Bagaimana, sudah paham bukan tentang rumus keliling lingkaran tersebut, silahkan apabila ada koreksi dan pertanyaan tuangkan semuanya di kotak komentar di bawah ini. Selamat belajar.

Comments