Saturday 29 June 2013

Tips Cara Menghindari Bau Mulut saat Puasa

Tips Cara Menghindari Bau Mulut saat PuasaBau mulut saat puasa memang lazim kita alami, dan penyebabnya pun bisa disebabkan oleh banyak faktor, karena keadaan mulut ketika berpuasa sangat berbeda dengan keadaan mulut pada saat tidak puasa, nah kali ini garda-pengetahuan.blogspot.com akan memberikan tips menghindari bau mulut:
Tips Cara Menghindari Bau Mulut saat Puasa:
1. Yang pertama adalah minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur,sehingga bau mulut dapat dinetralisir dengan cepat. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi saliva ( air liur ) dalam mulut,sehingga dapat membantu menjaga kebersihannya, jadi biasakanlah minum air putih sobat.
 
Tips Cara Menghindari Bau Mulut saat Puasa
2. Setelah kita berbuka dan sahur langsung gosoklah gigi secara menyeluruh termasuk pada bagian lidah. Karena jika kurang bersih dalam menyikat gigi dapat meninggalkan partikel makanan yang akan membusuk didalam mulut

3. Minum juga teh hijau tanpa gula ketika berpuasa dan makan sahur yang akan membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membantu membunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.

4. Selain minum kurangi pula makanan yang banyak mengandung gula untuk mencegak pengeroposan pada gigi. Hindari makanan yang dapat menghasilkan bau tak sedap pada mulut seperti petai, jengkol dan juga durian

5. Hindari merokok karena merokok dalam kondisi tak berpuasa pun, merupakan salah satu penyebab bau mulut yang tak sedap. Mulailah dari sekarang untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Tips cara menghindari bau mulut saat puasa

6. Hindarilah makanan yang mudah lengket pada gigi seperti cokelat, es krim, biskuit dan kue basah lainnya. Apabila ingin tetap mengkonsumsi makanan tersebut segeralah berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu lama.
7. Untuk hasil yang lebih maksimal maka gunakan juga obat kumur antiseptik. Anda juga dapat menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi.

8. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga sangat bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh yang termasuk sebagau penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memacu bau mulut yang tidak sedap juga

9. Yang terakhir segeralah konsultasikan dengan dokter gigi jika anda mengalami masalah pada gigi dan mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, peradangan pada mulut dan sariawan.

Mudah sekali bukan tips cara menghindari bau mulut saat puasa, langsung saja deh kamu praktekkan apalagi sekarang menjelang puasa ramadhan. Good luck yah.
Comments